Field of Competence


News



Renstra
Pusat Sains Antariksa

Sains Antariksa merupakan bagian Iptek keantariksaan yang penting bagi negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan aspek geografis yang sangat luas. Sains Antariksa akan sangat menunjang pemanfaatan seperti pemanfaatan untuk telekomunikasi, navigasi, mitigasi bencana melalui informasi peringatan dini, pemantauan lingkungan bumi dan antariksa, sehingga dapat menjadi pendukung pengembangan dan program dasar kemandirian sains dan teknologi nasional berbasis keantariksaan dan untuk mendukung pertahanan NKRI. Penguasaan sains antariksa sangat penting dalam rangka mencapai kemandirian bangsa dan memberikan kontribusi nyata untuk pertahanan keamanan nasional dan menjamin kelangsungan pemanfaatan teknologi keantariksaan 

Sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, bahwa semua Lembaga wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan untuk periode 5 tahun. RPJM sering disebut sebagai agenda pembangunan karena menyatu dengan agenda Pemerintah yang sedang memegang/menjalankan kepemerintahannya. Tahun 2015 – 2019 merupakan bagian lima tahunan ketiga dari RPJPN 2005 – 2025. 

Agenda pembangunan lima tahunan memuat program-program, kebijakan dan pengaturan yang diperlukan yang masing-masing dilengkapi dengan outcome atau hasil yang akan dicapai. Selain itu, secara sektoral terdapat pula Rencana Strategis atau Renstra di masing-masing kementerian/departemen atau lembaga pemerintahan non departemen serta renstra pemerintahan daerah yang merupakan gambaran RPJM berdasarkan sektor atau bidang pembangunan yang ditangani. 

Oleh sebab itu, Pusat Sains Antariksa - LAPAN menyusun suatu Rencana Strategis (Renstra) untuk jangka waktu 2015 -2019 yang merupakan arah pembangunan yang ingin dicapai dalam kurun waktu 5 tahun yang disusun berdasarkan Visi dan Misi LAPAN yang dijabarkan kedalam tujuan, strategi dan tahapan pembangunan jangka menengah. Arah pembangunan jangka menengah tersebut bersifat indikatif dan disesuaikan dengan program kegiatan yang menjadi kewenangan Pusat Sains Antariksa (Pussainsa). Renstra Pussainsa 2015-2019 memberikan gambaran kuat Pussainsa dalam upaya membangun kemandirian dibidang sains antariksaan dan memberikan gambaran kesiapan Pussainsa dalam memberikan pelayanan kepada para stakeholder, pengguna dari berbagai institusi pemerintah, swasta, dunia usaha dan masyarakat. Renstra ini juga merupakan pegangan dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diberikan kepada Pussainsa.

File Download : Renstra_Pussainsa_2015-2019_Final-en.pdf
Post Date : 2014-09-09




Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL