Field of Competence


News



Praktikum Mahasiswa  IKIP PGRI Pontianak Ke BPAA LAPAN Pontianak
News Writter : • Photographers : • 12 May 2017 • Read : 405 x ,

BPAA Pontianak, mahasiswa program studi Geografi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengadakan kegiatan praktikum ke Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, rombongan pertama pada Kamis 4 Mei 2017, kemudian rombongan kedua diagendakan pada Selasa 16 Mei 2017. Kegiatan Praktikum ini diawali oleh permintaan dari Ketua Prodi Geografi IKIP-PGRI, Bony Anuasmoro, M.Pd melalui surat permohonan kunjungan lapangan nomor : L.202/5/14/1065/KL/IV/2017, Tanggal 26 April 2017.

Yang bertindak sebagai dosen pembimbing adalah Bapak Mustofa, M.Pd, dalam sambutannya,  beliau sedang mencari informasi bagaimana mendapatkan data-data penginderaan jauh untuk bahan praktek mahasiswanya. Hal yang sama disampaikan juga oleh dosen penginderaan jauh, Ibu Wiwik Cahyaningrum, S.Si.,M.Pd bahwa semua mahasiswa yang dibawanya adalah mereka yang mengambil mata kuliah penginderaan jauh ingin mengenal LAPAN keseluruhan terutama  untuk memperdalam keilmuan Penginderaan Jauh. Kemudian daripada itu mahasiswa Muhammad Ridho menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan persyaratan praktikum dari mata kuliah penginderaan jauh yang diambilnya.

Bertempat di ruang Pertemuan BPAA Pontianak, Program Praktikum tersebut dibuka secara resmi oleh kepala BPAA LAPAN Pontianak Ir. Muzirwan, M.Kom, beliau menjelaskan terkait penyediaan data penginderaan jauh hanya ada di Stasiun Bumi Pare-pare, Stasiun bumi Rumpin (Bogor), Stasiun Bumi Biak di Papua, serta untuk proses pengolahan datanya ada di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh. Selanjutnya Muzirwan menyampaikan materi sosialisasi tentang Profil LAPAN dan hasil riset LAPAN dari seluruh bidang penelitian. Ada 4 (empat) Kompetensi Utama LAPAN yaitu; Sains Antariksa dan Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan jauh, dan Kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. Selain memberikan sambutan, kepala BPAA Pontianak melakukan penanaman pohon secara simbolis, mengajak para mahasiswa sebagai perwakilan generasi muda agar peduli dan selalu menjaga alam dan lingkungannya sejalan dengan  peringatan Hari Bumi 22 April 2017 yang lalu.

Pemateri  kedua disampaikan oleh Nata Miharja, ST.,MT mengusung tema  Pemanfaatan Data Citra Satelit Dalam Mendukung Pendidikan Geografi. Pemanfaatan dan peranan serta fasilitas Penginderaan Jauh LAPAN untuk mendukung pembangunan nasional dan daerah juga dalam bidang pendidikan khususnya ilmu geografi.

Pemateri ketiga disampaikan oleh Nia Syafitri, S.Si menampilkan materi mengenai fasilitas peralatan yang ada di BPAA Pontianak dan manfaat data tersebut untuk penelitian serta kepentingan masyarakat lainnya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, para mahasiswa diarahkan meninjau ruangan peralatan pengamatan  antariksa dan atmosfer serta foto bersama.

Di akhir acara ditutup oleh Kepala BPAA Pontianak, ia berharap agar para mahasiswa dapat berkolaborasi dengan para peneliti LAPAN agar dapat menggunakan data antariksa dan atmosfer baik dalam bidang penelitian maupun tugas akhir perkuliahan, demikian harapan Muzirwan.

Penulis/dokumentasi: Suparman

 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL