Bidang Kompetensi


Berita



Bimbingan Teknis Optimalisasi Instrumentasi Pengamatan dan Manajemen Data Cuaca Antariksa di BPAA Pasuruan
Penulis Berita : • Fotografer : • 28 Aug 2017 • Dibaca : 532 x ,

(Bandung, 28/8/17) Pusat sains antariksa mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Optimalisasi Instrumentasi Pengamatan dan Manajemen Data Cuaca Antariksa pada tanggal 22-24 Agustus 2017 di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Pasuruan. Ketua panitia Musthofa Lathif, M.T. menyampaikan tujuan dari bimbingan teknis tersebut adalah memberikan pengetahuan teknis kepada para petugas, operator, peneliti dan perekayasa di Balai/Stasiun agar dapat meningkatkan kinerja sistem pengamatan dan jaringan transfer data serta meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan data dan pemeliharaan instrumentasi pengamatan cuaca antariksa.

Pembukaannya dilakukan oleh Dra. Clara Y. Yatini, M.Sc sebagai Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, beliau sangat berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan bimbingan teknis Optimalisasi Instrumentasi Pengamatan dan Manajemen Data Cuaca Antariksa diharapkan kegiatan tersebut sangat mendukung kegiatan penelitian/perekayasaan di Pusat Sains Antariksa LAPAN Bandung khususnya mendukung kegiatan utama layanan SWIFtS yang membutuhkan ketersediaan data yang berkualitas, akurat serta real time. Pada kesempatan itu juga Clara menyampaikan terima kasih kepada BPAA Pasuruan dan seluruh Balai-balai atas dukungannya pada kegiatan tersebut di BPAA Pasuruan.

Para narasumber menyampaikan materi-materi menarik untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM di balai/stasiun dalam melaksanakan tugas pengamatan, perekaman, pengolahan, pengelolaan data sains antariksa serta pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan peralatan pengamatan di balai/stasiun.

M. Said, M.T, narasumber dari ITS Surabaya, memberikan materi pengembangan teknologi komunikasi HF & instrumentasi pengamatan berbasis Software-Defined Radio (SDR) adalah suatu sistem komunikasi radio maupun radar multi guna yang implementasinya mudah dengan teknik pengolahan sinyal, sementara Yoga Andrian S.Kom. menyampaikan materi manajemen data cuaca antariksa. Sementara narasumber lainnya, Drs. Budiyanto menyampaikan tentang pengamatan cuaca antariksa_SWIFTS, dan Rizal Suryana ST., Andi Aris ST., dan Adi Purwono MT. menyampaikan tentang teknologi instrumentasi pengamatan cuaca antariksa, demikian juga dengan Ronny Mardiyanto, Ph.D. narasumber dari ITS Surabaya memberikan materi pengolahan citra digital untuk pengamatan matahari (penghitungan, otomatisasi bintik matahari/ sunspot), sedangkan narasumber dari BPAA Pasuruan Nanang Widodo, M.Si dan Ir. Bambang Setiahadi, M.Sc menyampaikan materi tentang pengamatan matahari di BPAA Pasuruan. Para narasumber memberikan materi-materi yang sangat menarik dan interaktif dengan para peserta, sehingga acara bimbingan teknis selama 3 hari berjalan dengan baik dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Dalam kegiatan kerjanya di Surabaya, Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Drs. Afif Budiono, M.T pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017 juga berkesempatan hadir di BPAA Pasuruan dan mengikuti acara bimbingan teknis, dengan kehadiran Deputi pada acara Bimtek semakin menambah semangat dan antusias seluruh peserta Bimtek.

Pada hari Kamis tanggal 23 Agustus 2017 bimbingan teknis berakhir dan acara penutupan dilakukan oleh Kepala BPAA Pasuruan yang diwakili oleh Drs. Dwi Witanto dengan ucapan terima kasih telah sukses terselenggaranya acara bimbingan teknis di BPAA Pasuruan dan seluruh peserta dapat mengikutinya dengan baik. Drs. Dwi Witanto juga menyampaikan harapan agar acara bimbingan teknis tersebut dapat terus berkelanjutan, sehingga kualitas SDM dalam pengelolaan data dan pemeliharaan instrumentasi pengamatan cuaca antariksa serta pengetahuan teknis kepada para petugas, operator, peneliti dan perekayasa di Balai/Stasiun semakin berkembang dalam mendukung kegiatan utama Pussainsa berkaitan dengan layanan SWIFtS LAPAN.

Penulis - Dokumentasi : Syah-Latif








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL