Bidang Kompetensi


Berita



Bimbingan Teknis Peningkatan Pelayanan Informasi Keantariksaan dan Keatmosferan Melalui Penguatan Peran Tim Pelayanan Publik
Penulis Berita : • Fotografer : • 18 Sep 2017 • Dibaca : 407 x ,

(Pasuruan, 18/9). Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Pasuruan mengadakan kegiatan bimbingan teknis Peningkatan Pelayanan Informasi Antariksa dan Atmosfer melalui Penguatan Peran Tim Pelayanan Publik pada tanggal 12 dan 14 September 2017 di BPAA Pasuruan. Acara pembukaan dilakukan oleh Dian Yudha Risdianto, MT selaku Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pasuruan, beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut sehingga kegiatan bimbingan teknis dapat berjalan dengan baik. Pada kesempatan itu juga beliau menyampaikan maksud dari penyelenggaraan bimtek tersebut adalah sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam pelayanan publik dan mempunyai pandangan dan wawasan yang sama terkait tugas dan fungsi Lapan.

Acara bimtek menghadirkan Kepala Pusat Sains Antariksa Dra. Clara Y. Yatini, M.Sc dan Kepala Bagian Humas Ir. Jasyanto, MM, mereka bertindak sebagai narasumber. Dalam presentasinya Clara menyampaikan materi terkait kelembagaan khususnya tentang Pusat Sains Antariksa memiliki tugas melaksanakan penelitian, pengembangan, perekayasaan dan pemanfaatannya serta penyelenggaraan keantariksaan di bidang sains antariksa. Pada kesempatan itu juga beliau menyampaikan hasil-hasil penelitian yang telah dicapai Pussainsa sampai dengan saat ini, diantaranya Space Weather Information and Forecast Service (SWIFtS) yaitu media layanan informasi cuaca antariksa yang ditampilkan di web disebarkan secara online kepada publik.

Sementara itu Jasyanto pada bimbingan teknis tersebut menyampaikan tentang tugas pokok dan fungsi Lapan mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas pemerintah di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya serta penyenggaraan keantariksaan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Disampaikan pula hasil-hasil penelitian dan pengembangan LAPAN tentang pembuatan pesawat N219, satelit Lapan A1 yang telah berhasil mengorbit sampai dengan satelit Lapan A3, peluncuran roket untuk persiapan peluncuran satelit Lapan kedepan, penginderaan jarak jauh untuk informasi kebakaran hutan dan pemantauan maritim, serta masih banyak hasil litbang Lapan yang lainnya.

Pada hari Kamis tanggal 14 September 2017 acara bimtek diisi oleh narasumber dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur yaitu Dra. Tutik Purwaningsih, MPsi yang pada kesempatan itu menyampaikan banyak hal tentang peningkatan pelayanan informasi dan bagaimana kerjasama tim yang efisien/optimal dalam pelayanan publik, juga ibu Tutik menyampaikan konsep dan prinsip pelayanan kepada masyarakat, menjelaskan pola pikir PNS sebagai pelayan masyarakat dan mepraktikkan etika pelayanan kepada masyarakat. Ibu Tutik juga memberikan materi bagaimana seseorang menggali/meningkatkan potensi diri menjadikan suatu motivasi kerjasama tim yang baik dalam pelayanan publik. Dalam penyampaian materinya juga ibu Tutik memberikan game-game yang sangat menarik berkaitan dengan kerjasama tim yang baik dalam menyelesaikan berbagai macam masalah/persoalan serta pelayanan kepada masyarakat. Seluruh peserta mengikuti semua materi-materi dan game-game yang diberikan dengan sangat antusias dan gembira mengingat semua materi dan game-game yang diberikan sangat menarik dan dapat diterima semua peserta bimtek.

Pada pukul 13.00 WIB acara diakhiri dan ditutup oleh kepala BPAA Pasuruan dengan ucapan terima kasih dan mengucapkan Alhamdulilahirobilalamiin bahwa semua peserta dapat mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh. Semoga pengetahuan yang diperoleh peserta dapat diterapkan ditempat kerjanya masing-masing dan semoga dengan bimtek ini peserta jadi memiliki komitmen yang kuat, memiliki sikap mental yang positif dan semakin meningkatkan motivasi serta profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat.

Penulis/ dokumenatasi : Syah








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL