Bidang Kompetensi


Berita



Planetarium Mobile Pussainsa LAPAN Meramaikan Jambore Nasional Komunitas Astronomi 2017
Penulis Berita : • Fotografer : • 25 Sep 2017 • Dibaca : 211 x ,

(Pasuruan, 24/9). Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) LAPAN Pasuruan bekerja sama dengan sejumlah komunitas pegiat astronomi di Indonesia menyelenggarakan JANAKA , atau Jambore Nasional Klub Astronomi (22-24 September 2017). Untuk pertama kalinya di Indonesia, komunitas astronomi berkumpul dan menyelenggarakan satu kegiatan bersama.

Tema dari kegiatan tersebut adalah “Mengikat Rasa Belajar Semesta”, yang didasari oleh keinginan besar dari setiap komunitas astronomi di Indonesia untuk bertemu dan menjalin silaturahim secara langsung. Diharapkan dari acara tersebut dapat terjalin komunikasi secara langsung, bertatap muka sekaligus bertukar pikiran, gagasan, ide, dan / bahkan berbagi saran demi memajukan astronomi Indonesia tanpa terbatas faktor geografis, serta LAPAN berperan penting sebagai tuan rumah yang memfasilitasi kegiatan tersebut.

Berbagai acara diselenggarakan pada jambore tersebut, mulai dari seminar, star party, penanaman pohon untuk mendukung kampanye malam langit gelap, serta tour the lab untuk memberikan pengalaman sebagai astronom profesional sehari dengan menggunakan peralatan penelitian yang dimiliki oleh BPAA LAPAN Pasuruan.

Dalam kegiatan tersebut juga, Pusat Sains Antariksa LAPAN berkesempatan menampilkan Planetarium dan Observatorium Mobile LAPAN yang berperan serta secara aktif dalam penyebarluasan informasi keantariksaan ke masyarakat dengan kegiatannya.
Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaludin secara resmi membuka kegiatan dengan menyampaikan pentingnya sains dan astronomi. Hal tersebut sebagai media untuk melawan segala hoax, mencerdaskan masyarakat dan melawan argumen para komunitas bumi datar, serta isu-isu tidak berdasar yang santer beredar (seperti equinox menyebabkan Bumi kita lebih panas). Kepala LAPAN menyambut ide JANAKA karena selaras dengan tujuan LAPAN untuk menjadi pusat unggulan baik dari segi kompetensi dan layanan, termasuk layanan edukasi publik.

Kegiatan ini diikuti oleh 244 orang peserta dari 38 komunitas astronom amatir, 20 komunitas berbasis umum, 9 komunitas berbasis perguruan tinggi, dan 9 komunitas berbasis komunitas Sekolah Menengah Atas/ sederajat, dengan sebaran geografis meliputi DKI Jakarta 3 komunitas, Jawa barat 5 komunitas, Daerah Istimewa Yogyakarta 8 komunitas, Jawa Tengah 8 komunitas, Jawa Timur 13 komunitas, dan Sulawesi Selatan 1 komunitas.

Pada hari pertama, acara seminar diisi oleh Kepala LAPAN yang menyampaikan tentang kampanye langit gelap dalam Observatorium Nasional, kepala BPAA LAPAN Pasuruan menitik beratkan sebagai bagian dari pelayanan publik LAPAN Pasuruan kepada masyarakat dan Dr. Hakim L. Malasan dari ITB tentang peran penting amatir astronomi bagi perkembangan keastronomian.

Pada hari kedua tidak hanya dihadiri peserta JANAKA, tetapi juga siswa-siswi dan guru dari sekolah-sekolah di sekitar BPAA Pasuruan. Pada kesempatan tersebut, peneliti Pussainsa, Agustinus Gunawan Admiranto menyampaikan tentang sains antariksa secara populer, kemudian humas LAPAN Happy Rumiris Simanungkalit yang menyampaikan tentang edukasi antariksa yang dilakukan LAPAN dalam berbagai bentuk dari kompetisi, pameran, coaching clinic, dll yang semuanya bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bisa terjun dalam keantariksaaan di masa mendatang.

Planetarium dan Observatorium Mobile LAPAN yang hadir, selalu menjadi magnet bagi pengunjung, karena bisa menampilkan alam semesta secara menarik. Antrean untuk menonton pertunjukan planetarium selalu membludak, sehingga selalu menyemarakkan acara. Sumbangan dari kegiatan Planetarium dan Observatorium Mobile LAPAN diharapkan bisa menjadi sarana membangun kecerdasan sains masyarakat, menularkan semangat belajar sains semesta, dan mencerdaskan masyarakat.

Penulis/dok : Emanuel Sungging Mumpuni








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL