Field of Competence


News



CALON SAINTIS MUDA PAUD KB CALAKAN TANJUNGSARI DAN TK BHAKTI PERTIWI SUMEDANG BELAJAR ALAM SEMESTA DI LAPAN SUMEDANG
News Writter : • Photographers : • 10 May 2018 • Read : 243 x ,

Sumedang-BPAA. Guna menyiasati permintaan kunjungan pada waktu yang sama, maka LAPAN Sumedang melakukan layanan penerimaan secara bersama antara dua atau tiga sekolah. Itupun jika jumlah peserta yang datang tidak melebihi 100 orang.

Hal itu pula yang dilakukan pada Rabu (9/5). LAPAN Sumedang kedatangan dan harus melayani dua sekolah setingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Masing-masing yaitu PAUD KB Calakan Tanjungsari dan TK Bhakti Pertiwi Sumedang.

Rombongan kedua sekolah berjumlah 53 orang. Masing-masing terdiri dari 15 anak PAUD KB Calakan Tanjungsari yang didampingi oleh 15 orangtua dan 3 guru pendamping. Sedangkan TK Bhakti Pertiwi Sumedang terdiri dari 12 anak yang didampingi oleh 7 orangtua dan 2 guru pendamping.

Materi pembelajaran kedua sekolah sama, yaitu puncak tema pembelajaran alam semesta terutama benda langit. Untuk itulah kedua sekolah mengajukan permintaan kunjungan ke LAPAN Sumedang.

LAPAN Sumedang selalu dijadikan acuan untuk pembelajaran tentang antariksa bagi sekolah. Hal ini menjadi peluang dan tantangan yang tidak ringan mengingat sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran belum sepenuhnya terpenuhi.

Tetapi, layanan publik penerbangan dan antariksa menjadi sebuah kewajiban yang harus diselenggarakan dengan semua potensi sumberdaya yang ada. Baik sumberdaya manusia dan fasilitas yang mendukungnya.

Beruntung, fasilitas peralatan yang mendukung tugas fungsi LAPAN Sumedang cukup lengkap. Seperti teleskop, peralatan Automatic Weather Station dan yang lainnya. Semuanya itu sangat bermanfaat bagi edukasi para pengunjung terutama siswa dan mahasiswa yang datang.

Teleskop matahari misalnya. Sejauh ini masih sangat relevan dan bermanfaat bagi kepentingan edukasi siswa yang berniat belajar tentang antariksa khususnya benda langit yaitu matahari.

Kegembiraan dan keceriaan siswa dan pengunjung selalu tergambar ketika bisa melihat secara langsung penampakan matahari. Apalagi ketika bintik hitamnya terlihat bertebaran. Itu pula yang diperlihatkan oleh anak-anak, guru dan orangtua dari PAUD KB Calakan Tanjungsari dan TK Bhakti Pertiwi Sumedang.

Cuaca yang sangat cerah sangat mendukung aktivitas para calon saintis muda dari kedua sekolah. Sesekali mereka berlarian setelah berhasil melihat penampakan benda langit yaitu matahari, yang selama ini hanya mereka saksikan melalui gambar dan video.

Warna dan kecerlangan matahari yang dengan bebas mereka amati menjadi pesona dan kegembiraan tersendiri. Itu sebagai luapan rasa senang karena dalam pembelajaran yang diperoleh di sekolah dijelaskan bahwa matahari tidak boleh dilihat secara langsung.

E.R. Saptianna








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL