Field of Competence


News



MAHASISWA FAKULTAS KEHUTANAN UNWIM TANJUNGSARI PRAKTIK PENGAMATAN CUACA DI BPAA SUMEDANG
News Writter : • Photographers : • 03 Aug 2018 • Read : 109 x ,

Sumedang - BPAA. Mengawali Kegiatan Layanan Publik dalam bentuk Kunjungan Ilmiah pada Semester II Tahun 2018, Selasa (31/7) BPAA Sumedang menerima kunjungan dari Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti Tanjungsari. Peserta yang hadir sebanyak 11 mahasiswa dan didampingi oleh 3 dosen pengampu.

Kegiatan dimaksudkan dalam rangka melengkapi pembelajaran tentang prinsip kerja peralatan pengamatan cuaca terkait Matakuliah Klimatologi yang dipelajari pada Semester 2. Hal itu dijelaskan oleh Sri Wilujeng, salah seorang dosen pembimbing yang hadir.

"Mahasiswa sedang belajar tentang Klimatologi pada Semester II. Mudah-mudahan kedatangan kami ke LAPAN dapat lebih menambah wawasan mahasiswa terkait peralatan dan prinsip kerja peralatan pengamatan cuaca yang ada di LAPAN", jelasnya.

Sehubungan dengan hal itu, maka kegiatan lebih banyak dilaksanakan di lapangan. Mahasiswa diajak melihat, mengenal dan mempelajari prinsip dan cara kerja peralatan cuaca. Bail< yang manual maupun otomatis, misalnya Automatic Weather Station Vaisala dan Davis yang ada di BPAA Sumedang.

Peralatan cuaca manual dan otomatis dijelaskan secara rinci oleh Nurokhman sebagai teknisi. Mahasiswa banyak bertanya tentang perbedaan prinsip kerja dari dua jenis alat tersebut. Selain itu keluaran data yang dihasilkan juga menjadi sorotan para mahasiswa.

Diakhir kegiatan, Sri selaku dosen pembimbing, mengharapkan kunjungan tersebut menjadi awal kegiatan rutin selanjutnya. Ke depan, ia berharap BPAA Sumedang tetap menerima kedatangan mahasiswanya. Pihak BPAA Sumedang yang diwakili oleh Humas, Erri Riyan, menyambut positif hal tersebut.

 

 E.R. Saptianna








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL