Field of Competence


News



MALAM LANGIT GELAP 6 AGUSTUS 2018 BALAI PENGAMATAN ANTARIKSA DAN ATMOSFER SUMEDANG
News Writter : • Photographers : • 09 Aug 2018 • Read : 59 x ,

Hari Keantariksaan Nasional diperingati setiap 6 Agustus. Momen tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap lahirnya Undang-undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Regulasi yang menjadi payung hukum bagi LAPAN dalam menyelenggarakan kegiatan keantariksaan di Indonesia.

Atas dasar itu, maka setiap 6 Agustus LAPAN umumnya dan BPAA Sumedang khususnya, secara rutin menggelar Malam Langit Gelap. Sebuah kegiatan yang dikemas dalam bentuk edukasi guna membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya langit malam tanpa polusi cahaya.

Pada kegiatan Malam Langit Gelap 6 Agustus 2018 BPAA Sumedang mengajak partisipasi publik. Beberapa institusi dan masyarakat umum diundang untuk datang. Mulai dari Muspika Pamulihan, Kepala Desa Haurngombong, Cilembu dan Mekarbakti, KPPN Sumedang, Dinas Pendidikan dan Pariwisata Sumedang, hingga sekolah dan perguruan tinggi yang sering berkunjung dan terlibat pada layanan publik.

Terdapat nilai penting yang dapat dijadikan acuan bagi publik untuk turut serta berpartisipasi dan berkontribusi di dalam Malam Langit Gelap. Nilai-nilai itulah yang menjadi kemasan acara pada 6 Agustus 2018. Secara rinci adalah sebagai berikut :


1. Menjelang malam hari pukul 18.30 publik yang datang lebih awal diajak melakukan permainan yang bersifat edukasi keantariksaan.        Misalnya Ludo dan Ular Tangga Antariksa. Disamping itu juga disediakan foto booth bagi pengunjung yang ingin berswafoto
2. Mematikan lampu luar selama satu jam terhitung mulai pukul 20.00 sampai dengan 21.00 guna menikmati keindahan langit malam        tanpa cahaya
3. Setelah lampu luar dimatikan publik menyaksikan keindahan langit malam dan melakukan pengamatan langsung melalui teleskop.         Beberapa planet yang pada kesempatan kegiatan Malam Langit Gelap 6 Agustus 2018 tampak yaitu Venus, Jupiter, Saturnus dan             Mars  yang berjajar secara berurutan dari Barat sampai Timur. Sedikit terlihat Galaksi Bimasakti.

Mematikan lampu luar selama satu jam dan menyaksikan keindahan langit malam akan membangun kesadaran publik akan pentingnya keindahan langit malam yang bebas polusi cahaya. Hasil pengamatan tentang kecerlangan langit dilakukan menggunakan Sky Quality Meter (SQM) yang menghasilkan data sebesar 20,1 mpsas. Data tersebut menunjukkan bahwa dengan mematikan lampu selama satu jam terjadi peningkatan kecerlangan langit secara signifikan.

Kegiatan Malam Langit Gelap 6 Agustus 2018 dihadiri tidak kurang dari 357 pengunjung. Mereka berasal dari KPPN Sumedang, sekolah dan perguruan tinggi di wilayah Sumedang dan masyarakat desa sekitar lokasi BPAA Sumedang. Turut hadir dan memberikan sambutan adalah Sekretaris Kecamatan Pamulihan, Kepala Desa Haurngombong dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Sumedang.


Humas BPAA Sumedang : ERRI RIYAN








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL