Bidang Kompetensi


Berita



PESERTA JAMBORE KWARRAN PAMULIHAN 2018 MENGENAL LEBIH DEKAT LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 24 Aug 2018 • Dibaca : 172 x ,

Kegiatan rutin Jambore Pramuka Penggalang Kwartir Ranting Pamulihan adalah mengadakan rekreasi edukatif di alam terbuka. Salah satunya adalah perkemahan besar. Hal itu dimaksudkan sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri.
Atas dasar itu, maka dalam perkemahan besar memiliki beragam kegiatan. Misalnya keagamaan, olahraga, upacara, apel pasukan dan anjungan. Salah satu kegiatan dalam anjungan adalah wisata ilmiah ke LAPAN Sumedang. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 13 Agustus 2018.

Tidak kurang dari 122 peserta Jambore yang didampingi oleh 24 pembimbing dan 5 orang Dewan Kerja Ranting datang ke LAPAN Sumedang. Mereka tiba pukul 09.15 secara bergelombang berhubung jarak dari perkemahan ke lokasi cukup jauh.

Kegiatan layanan kunjungan peserta Jambore Kwarran Pamulihan 2018 diawali dengan sambutan singkat dari Epon Dedeh, selaku perwakilan peserta. “Kami sangat senang bisa silaturahmi ke LAPAN. Sangat ingin mengenal lebih jauh tentang LAPAN”, jelasnya.
Menurut Epon, masih banyak yang belum tahu tentang LAPAN. Termasuk dirinya meskipun tempat tinggalnya tidak jauh dari LAPAN Sumedang. Padahal, banyak informasi penting yang bisa digali terkait keantariksaan. Untuk itu, dia sangat berharap bahwa peserta Jambore memanfaatkan kesempatan kunjungan untuk menambah wawasan.

Pemaparan tentang LAPAN dan hasil penelitian serta pengembangannya disampaikan oleh Aries Kurniawan. Dijelaskan tentang peran penting dan kontribusi LAPAN. Misalnya dalam bidang teknologi penerbangan. Selain itu juga dijelaskan tentang Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang.

Guna melengkapi pengetahuan peserta tentang keantariksaan, maka Gerhana Puannandra menjelaskan tentang Tata Surya. Mereka sangat gembira mendengarkan uraian yang disampaikan. Beberapa pertanyaan muncul dari rasa ingin tahu terkait isu-isu seputar planet. Misalnya tentang Pluto yang menghilang dari anggota Tata Surya.

Humas : Erri Riyan Saptianna








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL