Field of Competence


News



EDUKASI ROKET AIR DAN PENGAMATAN MATAHARI DIMINATI SISWA SDIT KHAIRA UMMAH TANJUNGSARI
News Writter : • Photographers : • 02 Oct 2018 • Read : 170 x ,

Sumedang – BPAA. Sebanyak 29 anak SDIT Khaira Ummah Tanjungsari berkunjung ke BPAA Sumedang pada Rabu (26/9). Para siswa didampingi oleh 3 guru pendamping. Selain melakukan studi wisata ke Desa Cilembu, kedatangan mereka adalah untuk mempelajari dan lebih mengenal tentang sumber energi, yaitu matahari.

Kunjungan SDIT Khaira Ummah Tanjungsari ke BPAA Sumedang merupakan yang pertama kali. Hal ini menimbulkan motivasi tersendiri bagi siswa dan guru. Terlebih mereka sering mendengar banyaknya sekolah yang melakukan studi wisata ke tempat ini.
Menyikapi hal tersebut, maka BPAA Sumedang secara khusus memberikan pembelajaran terkait teknologi penerbangan dan sains antariksa. Semua itu diaplikasikan dalam bentuk pemberian edukasi roket air dan pengamatan matahari.

Rasa ingin tahu dan penasaran mendorong siswa untuk aktif. Setelah petugas memberikan informasi tentang roket air, maka selama lebih kurang setengah jam mereka diberi kesempatan untuk meluncurkan roket air.

Secara bergiliran siswa melakukan pengisian muatan air, memompa dan meluncurkan roket air. Sementara sebagian yang lain berlarian mengejar dan mengambil roket yang berhasil diluncurkan.

Puas dengan edukasi roket air, para siswa diajak melakukan pengamatan matahari. Mereka kembali menunjukkan minat yang tinggi terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Dengan tertib satu persatu siswa melihat matahari menggunakan teleskop yang sudah disediakan.

Menjelang tengah hari kegiatan kunjungan selesai. Siswa dan guru SDIT Khaira Ummah Tanjungsari melanjutkan perjalanan studi wisata ke Desa Cilembu terkait pembelajaran tentang ubi Cilembu. Kepuasan layanan kunjungan kali ini ditunjukkan dengan hasil Survei Kepuasan Masyarakat yang mencapai nilai sempurna.

E.R. Saptianna








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL