Bidang Kompetensi


Berita



KETERTARIKAN, KUNJUNGAN DAN PELUANG KERJASAMA UNWIM DENGAN LAPAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 22 Jul 2019 • Dibaca : 147 x ,

Sumedang - BPAA. Sebuah hubungan terkadang dimulai dari adanya ketertarikan. Satu sama lain memiliki rasa penasaran. Ditindaklanjuti oleh komunikasi yang intensif dan saling berkunjung. Pada akhirnya, melahirkan sebuah kedekatan untuk meleburkan diri dalam satu ikatan.

Perumpamaan seperti itu cukup relevan bagi hubungan antara Faperta Unwim Tanjungsari dengan BPAA Sumedang. Hal itu terjadi pada saat kunjungan mahasiswa Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti Tanjungsari.

Dari hasil koordinasi Humas BPAA Sumedang dengan pihak kampus, mereka menyatakan ketertarikannya. Hal tersebut mengacu pada tersedianya fasilitas peralatan pengamatan yang ada di Balai. Ternyata, bagi studi yang sedang berjalan, dinilai sangat menunjang terhadap proses pembelajaran mahasiswa.

Hal itulah yang mendasari kedatangan mereka pada Selasa (16/7). Pihak kampus membawa 80 mahasiswa dan didampingi oleh 5 dosen pembimbing. Satu hal yang menarik dan membanggakan adalah dalam rombongan hadir pimpinan Universitas Winaya Mukti.

Jajaran pimpinan Unwim yang datang terdiri dari Rektor, Prof. Dr. Hj. Ai Komariah, Ir., MS., Wakil Rektor I, Dr. Hj. Nunung Sondari, Ir., MP., Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Dra. R. Budiasih, MP., serta Wakil Dekan Faperta, Dr. Ir. Hj. Lia Amalia, MP.

Bukan tanpa alasan jika pimpinan Unwim datang ke BPAA Sumedang. Mereka sengaja melakukan kunjungan kerja disela kegiatan mahasiswa. Survei lapangan dilakukan guna melaksanakan penjajakan. Tentu, hal itu erat kaitannya dengan terbukanya sebuah pembicaraan bagi peluang kerjasama antara Unwim dan LAPAN.

“Kami melihat dan memperhatikan bahwa fasilitas yang dimiliki oleh Balai bernilai edukasi. Misalnya, peralatan cuaca yang erat kaitannya dengan matakuliah Klimatologi”, ungkap salah seorang dosen, Odang Hidayat.

Sejak awal mengetahui, bahwa BPAA Sumedang sebagai lokasi yang mengamati antariksa dan atmosfer. Sebuah sumber ilmu dan pengetahuan yang bisa dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa. Demikian Odang menjelaskan ketika berdialog dengan Humas.

Lebih lanjut, Odang memaparkan bahwa kampus memberikan ilmu dan pengetahuan secara teori. BPAA Sumedang memfasilitasi dan menjembatani mahasiswa untuk praktik lapangan. Itu pula yang menjadi alasan pihak pimpinan memunculkan peluang kerjasama dengan LAPAN.

Ke depan, peluang kerjasama dengan Unwim tidak hanya sebatas ketersediaan fasilitas peralatan pengamatan bagi pembelajaran. Terbuka peluang bagi BPAA Sumedang khususnya untuk saling membantu terkait sosialisasi beberapa produk dan informasi keduanya kepada masyarakat.

E.R. Saptianna








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL