Field of Competence


News



LAPAN Sumedang Dikunjungi Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara Tangerang
News Writter : • Photographers : • 11 Dec 2019 • Read : 500 x ,

Dalam upaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang, khususnya mata kuliah TV Program Production yang berkaitan dengan tugas lapangan seperti kunjungan, peliputan, observasi, wawancara, dan pengumpulan data, maka pada Selasa (3/12) mereka berkunjung ke LAPAN Sumedang. Peserta yang datang berjumlah tiga orang.
Mahasiswa UMN tiba di LAPAN Sumedang pukul 12.00 WIB. Mereka disambut dan didampingi oleh Humas Balai. Berdasarkan agenda kegiatan, acara yang berkaitan dengan tugas lapangan dimulai pada 13.30 WIB sampai dengan selesai.

Sesi pertama diisi pertemuan singkat antara Kepala Balai, humas, peneliti, perekayasa, dan mahasiswa. Dalam penjelasannya, Aries Kurniawan, mengatakan “Kami sangat senang dikunjungi oleh mahasiswa UMN. Semoga nanti segala fasilitas dan sumberdaya yang ada bisa dipergunakan untuk kegiatan penyelesaian tugas mata kuliah”, paparnya.

Menanggapi pernyataan Kepala Balai, salah seorang mahasiswa, Vanessa Masli, mengatakan bahwa kedatangan mereka berkaitan dengan tugas akhir mata kuliah. Hasil kegiatan nantinya akan didokumentasikan dan dipublikasikan.

“Kami mengangkat isu tentang keberadaan, pengamatan bintang, dan polusi cahaya”, jelas Vanessa. Lebih jauh dia memaparkan teknis pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan selama di LAPAN Sumedang. Antara lain, observasi, wawancara, dan pengambilan gambar atau video. Waktu pelaksanaan dijadwalkan sampai malam terkait pengamatan bulan, planet, dan bintang.

Sehubungan dengan itu, maka Aries menambahkan penjelasan tentang keberadaan peralatan pengamatan. “Kami memiliki teleskop Lunt untuk mengamati matahari dan bulan, Celestron 8 inci untuk mengamati sunspot, dan Celestron 11 inci untuk mengamati benda langit malam hari”, papar Aries. Di samping itu, dijelaskan pula keberadaan peralatan Sky Quality Meter (SQM) untuk mengukur kecerlangan langit.

Sesi selanjutnya adalah observasi, liputan, dan pengambilan gambar atau video. Mahasiswa diajak mengunjungi fasilitas peralatan teleskop, galeri edukasi, taman meteo, dan SQM. Pada kesempatan tersebut, mereka diberi penjelasan tentang fungsi dan keluaran data dari setiap alat.

Guna melengkapi data yang dibutuhkan mahasiswa, selain pengamatan matahari pada sore, mereka juga mengamati bulan, planet, dan bintang pada malam hari. Cuaca tidak terlalu bagus dan mendukung. Tetapi, mereka tetap semangat melakukan liputan dan pengambilan gambar.

Penulis: Erri Riyan

Dokumentasi: Eka Nugraha








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL