Bidang Kompetensi


Berita



Studi Banding Kegiatan Pelayanan LAPAN Garut di LAPAN Sumedang
Penulis Berita : • Fotografer : • 31 Aug 2020 • Dibaca : 1593 x ,

Kamis (27/8), sebanyak 4 pegawai Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) LAPAN Garut berkunjung ke Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) LAPAN Sumedang. Kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bidang Layanan dan Inovasi Teknis di lingkungan BUTPAA LAPAN Garut.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dimaksudkan dalam rangka studi banding pada kegiatan pelayanan yang dilakukan di BPAA LAPAN Sumedang. Hal itu ditegaskan Jajang Setiawan dalam sambutannya.

“Kami ingin melakukan studi banding sekaligus belajar lebih banyak tentang pelayanan di sini. Nantinya, kami berharap bisa menerapkan kegiatan layanan yang sesuai untuk LAPAN Garut”, papar Jajang.

Menanggapi pernyataan tersebut, Koordinator Bidang Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang, Aries Kurniawan, menjelaskan, bahwa layanan publik menjadi salah satu indikator kinerja utama. Sehingga, sangat dibutuhkan komitmen dari seluruh pegawai dalam penyelenggaraannya.

“BPAA LAPAN Sumedang merupakan salah satu tujuan pencarian informasi dan pembelajaran publik terkait keantariksaan di Sumedang. Setiap tahun lebih dari 1000 peserta datang berkunjung. Mulai dari tingkatan usia dini sampai perguruan tinggi”, jelas Aries.

Selain memaparkan tentang profil BPAA LAPAN Sumedang, lebih jauh Aries menjelaskan tentang berbagai kegiatan Balai yang melibatkan publik. Misalnya, pengamatan gerhana matahari dan Malam Langit Gelap. Antusiasme pengunjung yang datang pada setiap acara yang digelar, menjadi pemacu semangat bagi seluruh pegawai dalam melaksanakan layanan publik.

“Tetapi, saat ini situasi dan kondisi masih terhambat pandemi. Untuk itu, diperlukan kerja keras guna menyiasati target capaian layanan publik seperti yang diharapkan”, tutur Aries.
Meskipun peralatan pengamatan antara BPAA LAPAN Sumedang dan BUTPAA LAPAN Garut memiliki banyak kesamaan, tetapi dalam rangka studi banding yang mengedepankan aspek layanan publik, maka peserta kunjungan diajak berkeliling meninjau fasilitas. Pengenalan galeri edukasi dan pengamatan matahari melalui teleskop menjadi penutup kegiatan.

(Humas/ERS)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL